Cara membedakan windows 32-bit dan 64-bit

Setelah dirilisnya plaform windows NT, windows merilis lagi berbagai macam versi windows untuk menangani hardware dengan spesifikasi yang tinggi, karena semakin cepat perkembangan hardware memaksa sistem operasi bekerja lebih ekstra dalam menangani kinerja hardware tersebut. Dulu, RAM 1 GB sudah sangat besar dan sudah bisa ditangani dengan baik oleh windows xp 32bit, tetapi sekarang RAM 8 GB sudah dengan sangat mudah dan murah untuk didapat. Nah, dengan komposisi RAM seperti itu (misalnya), jelas tidak akan bisa terbaca dengan baik oleh windows 32-bit (versi apapun), dan tentunya dibutuhkan windows versi 64-bit agar RAM sebesar itu bisa terdeteksi dengan baik. Terus bagaimana cara membedakan windows anda, apakah sudah masuk kriteria 32-bit atau 64-bit ? Berikut cara untuk membedakan windows apakah masuk ke 32-bit atau 64-bit

Bit computer menentukan seberapa banyak data dapat diproses, Di system operasi Windows XP, 32-bit dan 64-bit adalah yang paling sering digunakan. Semakin tinggi hitungan bit yang digunakan, maka makin cepat komputer dapat memproses data. Penting juga untuk mengetahui apakah komputer menggunakan system 32-bit atau 64-bit, sehingga ketika Anda menginstal program, aplikasi dan driver, maka Anda akan merasa pasti bahwa apa yang di-instal kompatibel dengan versi Windows Anda.

Cara mengetahui bit system operasi yang digunakan :

Menggunakan System Properties

1. Klik menu “Start” Windows dan klik “Run” dan akan muncul command box. Ketikkan “sysdm.cpl” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul dialog box System Properties.
2. Klik tab “General”. Anda akan melihat informasi mengenai system operasi Anda. Jika Anda memiliki komputer yang berjalan di system 64-bit, maka Anda akan melihat tulisan “Windows XP Professional x64 Edition Version” di bawah “System“. Jika komputer berjalan di system 32-bit, maka Anda hanya akan melihat “Windows XP” (home or professional) di bawah “System” .
3. Tutup dialog box “System Properties“.

Menggunakan jendela System Information

1. Klik menu “Start” Windows, klik “Run” untuk launching command box.
2. Ketik “winmsd.exe” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul jendela System Information
3. Klik “System Summary” di panel navigasi dan lokasikan “Processor” di bawah “Item” di detailnya.
4. Jika value processor mulai dengan x86, maka komputer Anda berjalan dengan versi 32-bit JIka value processor mulai dengan ia64 atau AMD64, maka komputer Anda berjalan di system Windows 64-bit.
5. Tutup jendela System Information.

– Manakah versi OS harus saya instal: versi 32-bit atau versi 64-bit??

Untuk menginstal OS versi 64-bit anda harus mempunyai CPU yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan OS 64-bit paling jelas ketika Anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena OS 64-bit dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada OS 32-bit. OS 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program (software) pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

– Dapatkah program (software) 32-bit berjalan pada OS versi 64-bit??

Banyak program (software) yang dibuat 32-bit akan berjalan pada OS 64-bit, tetapi program (software) 32-bit akan berjalan lebih lambat di OS 64-bit dan driver 32-bit tidak bisa berjalan pada OS 64-bit

– Dapatkah program 64-bit berjalan pada sistem operasi 32-bit??

Jika program (software) tersebut dibuat khusus untuk OS 64-bit, maka program (software) tersebut tidak akan berjalan pada sistem operasi 32-bit.

Nah, dari ulasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan:

Program (software) 32-bit akan berjalan pada OS 64-bit. Akan tetapi tidak bisa memanfaatkan kelebihan arsitektur 64-bit. Program (software) tersebut hanya akan memakai 32-bit dari 64-bit yang tersedia. Ini juga biasa disebut “mode 32-bit”.
Program (software) 64-bit tidak dapat dijalankan pada OS 32-bit. Ini dikarenakan Program (software) tersebut membutuhkan ruang 64-bit. Dan bukan 32-bit

Oh ya.. Sedikit tips dari saya. Jika RAM yang kamu punya dibawah 4GB, lebih baik meng-instal OS 32-bit. Dan jika RAM yang kamu punya diatas 4GB, ada baiknya meng-instal OS 64-bit. Ini dikarenakan OS 64-bit dapat bekerja lebih berat dari OS 32-bit.

Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih

sumber : http://www.beritanet.com/Literature/Tutorial/Trik-Windows-32-64-Bit.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s